Cari Blog Ini

Rabu, 30 Maret 2011

MEMBUAT SKRIPSI ITU GAMPANG

Skripsi seringkali menjadi momok bagi teman-teman mahasiswa. ketakutan yang berlebihan terhadap karya ilmiah ini sering berujung pada kegagalan atau mencari jalan pintas. Salah satu jalan pintas yang ditempu adalah memesan skripsi kepada seseorang atau agen yang memang terbiasa menerima pesanan skripsi.
Jalan pintas semacam ini sebenarnya tidak benar. Seharusnya rekan-rekan mahasiswa dapat berfikir positif bahwa membuat skripsi itu gampang, segambang membuat nasi gorenglah. Wah, apakah ini tidak menyederhanakan persoalan?
Jawabannya TIDAK! semudah itukah? Ya!.... membuat skripsi menjadi gampang asal kita memiliki niat untuk membuatnya. berikutnya ini salah satu trik yang dapat Anda gunakan.

Namun sebelumnya perlu saya ingatkan, bahwa banyak penemuan mutkahir didunia ini berawal dari proses meniru. Jadi meniru bukanlah hal yang salah. Saya mengambil contoh sebagai berikut, ketika Anda tahu bahwa dengan menjual bakso kita dapat meraih keuntungan dan kesuksesan, maka tidak ada salahnya bila kita meniru untuk menjual bakso. Hanya yang harus diingat, bakso yang kita jual, janganlah sama persis dengan bakso yang kita tiru. Disini diperlukan sikap kreatif dan inovatif. Berbagai bumbu dan resep yang telah dipelajari dari berbagai tukang bakso, hendaknya bisa kita rekumtruksi menjadi sebuah menu bakso yang baru. Terbukti dengan kreatifitas ini muncul di masyarakat ada bakso goreng, bakso tenes, bakso kikil, bakso moncrot, bakso goreng dan sebagainya.
Nah, dengan mengambil ibarat dari tukang bakso ini kita berarti perlu mengumpulkan berbagai macam skripsi yang harus kita pelajari, kita banding-bandingkan, untuk selanjutnya kita secara kreatif dan inovatif dapat mengembangkan sendiri topik permasalahan, modologi dan laian-lain yang berbeda dari skripsi yang kita contoh.
Persoalannya sekarang meminjam contoh skripsi diperpustakaan tentu dibatasi. disamping ketika kita akan mengembangkan, akan ada kesulitan karena harus mengetik ulang sehingga memboroskan waktu dan menjemukan, sedangkan dengan adanya contoh skripsi yang sudah berupada data digital, maka ketika kita akan melakukan kreatifitas dan inovasi akan lebih mudah.

Mengkahiri postingan ini, maka dapat dibuatkan langkah-langkah mudah menyusun skripsi:
1. Carilah contoh-contoh skripsi sebanyak-banyaknya
2. Gunakan kreativitas dan kemampuan inovasi untuk menentukan pilihan skripsi mana yang akan dikembangkan.
3. Carilah judul skripsi yang memang bisa dan terjangkau untuk diteliti.
4. Rumuskan sebuah judul skripsi yang cukup menarik dan lain daripada yang lain.

sebagai tahap awal, untuk membangkitkan semangat, semoga tulisan ini berkenan, insyaallah akan dilanjutkan ke artikel yang lebih detail tentang trik membuat skripsi. Terima kasih,

Tidak ada komentar: